Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Pengertian dan Seberapa Penting

Kegiatan di kelas PAUD
Kegiatan di kelas PAUD

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan jenjang yang berada pada tingkatan usia di bawah 6 tahun. Gampangnya, PAUD merupakan pendidikan yang diperoleh anak-anak sebelum memasuki jenjang sekolah dasar.

Fokus utama dari pendidikan ini adalah menjamin pertumbuhan dan perkembangan fisik, kecerdasan, sikap dan emosional, serta bahasa yang merupakan tahapan penting bagi pertumbuhan anak-anak. Masa kanak-kanak merupakan masa emas yang harus diperhatikan dengan baik oleh setiap orang tua karena mampu mempengaruhi mereka ketika telah tumbuh besar.

Sayangnya, masih banyak orang tua yang tidak memahami makna dari pendidikan satu ini. Banyak orang tua yang menyepelekan dan menganggap apabila pendidikan usia dini tidaklah terlalu penting bagi anak-anak karena mereka hanya perlu bermain saja.

Namun, hal tersebut tentunya tidaklah benar karena kepribadian anak yang baik bisa dibentuk lewat adanya pendidikan usia dini satu ini. Untuk itu, penting untuk memiliki pengetahuan mengenai pendidikan anak di usia dini mulai dari pengertian hingga seberapa pentingnya.

Pengertian Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)

Sebelum mengetahui seberapa pentingnya pendidikan satu ini, alangkah lebih baik apabila mengetahui terlebih dahulu apa pengertiannya. Sudah ada banyak ahli yang mengemukakan pandangannya mengenai sistem pendidikan satu ini.

Untuk semakin menambah wawasan ilmu pengetahuan, berikut ini beberapa pengertian pendidikan anak pada usia dini yang harus diketahui agar tidak salah menafsirkan.

Mario Montessori

Mario Montessori merupakan salah satu tokoh pendidikan yang khusus berkecimpung di dalam ranah anak-anak usia dini. Menurutnya, pendidikan ini merupakan sebuah proses dinamis yang menjelaskan mengenai perkembangan anak-anak berdasarkan lingkungan tempat tinggal mereka.

Proses tersebut terjadi secara dinamis dan ditempatkan pada sebuah lingkungan yang mampu membentuk kepribadian mereka. Peran para orang tua dalam membentuk kepribadian mereka akan benar-benar dibutuhkan.

Suyadi

Bagi seorang Suyadi, tokoh pemerhati anak-anak, memberikan gambaran mengenai pendidikan usia dini pada anak sebagai salah satu acuan perkembangan fisik maupun kecerdasannya. Semua kecerdasan seperti daya pikir, emosi, daya cipta, dan spiritual harus benar-benar harus ditanamkan pada anak-anak sejak usia dini.

Anak-anak membutuhkan pendidikan karena masa tersebut merupakan masa bermain yang sangat asyik. Mereka setidaknya harus dibekali dengan pemahaman yang mumpuni agar tidak salah dalam melangkah.

Glen Dolman, ahli perkembangan kemampuan anak mengemukakan pengertian Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan sebuah bentuk pertumbuhan pesat yang dilalui oleh anak-anak.

Hal ini karena pada usia di bawah 7 tahun perkembangan anak bisa terjadi dengan sangat hebat dan akan memburuk apabila tidak diperhatikan dengan baik.

Menurut Glen, perkembangan dini seorang anak bisa tercapai dengan maksimal apabila diberikan rangsangan yang tepat mengenai kecerdasan intelektual dan spiritual.

Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)

Setelah mengetahui mengenai pengertiannya, kini saatnya untuk beralih mengetahui apa saja pentingnya penerapan pendidikan ini untuk para anak. Pada faktanya, masih banyak sekali orang-orang yang tidak memahami dengan baik pentingnya pelaksanaan pendidikan satu ini.

Lewat tahap-tahap perkembangan yang tepat, anak bisa tumbuh menjadi pribadi yang mengagumkan apabila pada akhirnya sistem pendidikan satu diwajibkan. Untuk itu, langsung saja berikut ini alasan mengapa penting sekali keberadaan pendidikan usia dini bagi seorang anak.

1. Membentuk Kepribadian Berkualitas

Setiap orang tua pasti menginginkan anaknya tumbuh menjadi sosok dengan kepribadian berkualitas. Hal ini bisa dengan mudah diraih dengan memberikan pemahaman mengenai pendidikan. Anak harus dilatih bagaimana cara menyampaikan emosinya dengan baik.

Kepribadian yang berkualitas tentunya tidak akan serta merta bisa dibentuk secara instan. Perlu ada beberapa tahapan yang mendukung dalam proses pembentukannya. Pendidikan adalah satu diantara semua solusi yang terbaik.

2. Mempersiapkan Anak Mencapai Kesiapan Belajar

Pentingnya adanya Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah untuk memberikan pengarahan sejak dini kepada para anak-anak mengenai pentingnya belajar.

Anak-anak akan diberikan pemahaman dan pengetahuan mengenai apa saja hal-hal yang perlu dipersiapkan sebelum memasuki jenjang pendidikan sekolah dasar. Mereka nantinya akan mengetahui apa saja aspek penting yang harus dikuasai dan bagaimana cara mewujudkannya agar benar-benar tercapai.

3. Menjadikan Anak Percaya Diri dalam Bersosialisasi

Masalah utama yang sering kali dirasakan oleh anak-anak adalah kurang mampunya dalam bersosialisasi atau menjalin hubungan dengan lingkungan sekitar. Terlebih apabila anak tersebut dibesarkan pada lingkungan yang notabenenya merupakan orang-orang tertutup.

Menjalin hubungan dengan orang lain adalah hal yang sangat penting dan akan sangat sulit dilakukan apabila semenjak masa anak-anak tidak dibiasakan untuk melakukannya. Oleh karena itu penting sekali bagi orang tua menyediakan pendidikan di usia dini pada anak-anaknya.

4. Mengajari Anak dalam Mengambil Sikap

Inti dari sebuah pendidikan adalah memberikan ilmu atau pengajaran kepada siapa saja yang mencarinya. Hal tersebut juga berlaku pada pendidikan usia dini yang terjadi pada anak-anak.

Melalui ilmu yang nantinya mereka peroleh, akan lebih mudah dalam memutuskan mana yang salah dan mana yang benar. Anak-anak sudah diberikan pemahaman dan contoh-contoh mengenai kedua konsep perilaku baik dan buruk. Terlebih pada masa anak-anak, kecerdasan emosionalnya benar-benar belum stabil secara maksimal.

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) memiliki peran yang sangat penting untuk menunjang pertumbuhan anak-anak menjadi lebih maksimal. Melalui adanya pendidikan, anak-anak bisa belajar dan juga memahami banyak hal penting.

Apabila masa kanak-kanak tidak bisa dilewati dengan baik dan tanpa adanya pemahaman mengenai pendidikan, maka akan sangat memberikan pengaruh terhadap masa depan anak tersebut.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *